Sinar jaya trans jawa

Mengarungi Tol Trans Jawa Bersama Sinar Jaya,Raya dan Harapan Jaya

Buszo.com – Perjalanan kali ini akan mengarungi Tol Trans Jawa bersama PO Sinar jaya,Raya dan Harapan Jaya dengan rute Surabaya – Jakarta – Solo – Jakarta.

Cukup panjang dan mendadak perjalanan kali ini,berawal dari keinginan menaiki armada Sinar Jaya via Tol Trans Jawa.

Ada tiga 3 rute dalam perjalanan panjang kali ini untuk memuaskan dahaga ngebis penulis yang beberapa waktu lalu terkendala kesibukan sehari hari.

Rute 1 Sinar Jaya Surabaya – Jakarta Via Tol Trans Jawa :

Perjalanan dimulai dari terminal Purabaya Surabaya sekira jam 17.30 dengan menyisakan seat kosong sebanyak 3 seat,pada pemberangkatan sore ini armada Sinar Jaya ada 3 pemberangkatan.

Incaran 5DD dan 20DD akhirnya kandas karena okupansi penumpang yang rame pada petang ini hingga akhirnya kebagian armada tambahan 23RE.

Memasuki gerbang tol Warugunung sekira jam 17.48 driver 1 langsung tancap gas tanpa sedikit basa basi untuk mengarungi malam Tol Trans Jawa.

Untuk armada Sinar Jaya kecepatan segini tergolong kencang dibanding rute Sinar Jaya lainnya,walaupun kencang skill driver sangat berperan disini tetap halus dalam mengemudi.

Bahkan ditengah perjalanan sempat overtake 20DD yang berangkat 30menit terlebih dahulu dari terminal Purabaya.

Karena mengemudi yang smooth tersebut akhirnya terlelap akhirnya tertidur walau tanpa buaian kursi jok aldilla,terbangun sekira jam 21.01 melintas gerbang tol Banyumanik Semarang.

Lagi lagi mata ini nggak dapat menahan kantuk dan kembali terlelap hingga melintas gerbang tol Kalikangkung 21.18.

Sekira jam 21.56 memasuki RM Sari Rasa untuk service makan malam,disini sudah parkir armada armada bus malam lainnya seperti Harapan Jaya.

Sinar jaya trans jawa

Sempat tertahan sebentar di kontrol karena masalah penumpang 5DD yang ketinggalan diikutkan ke 23RE dan akan transit di RM Sari Rasa ini.

Sekira jam 22.50 lepas meninggalkan RM Sari Rasa dan siap mengeluarkan selimut sendiri karena armada ini nggak ada fasilitas selimut,driver 2 ini kencang tp sedikit kasar dalam akselerasi.

Bobo mania kembali hingga terbangun di KM 101 rest area Cipali untuk isi solar di SPBU rest area ini.

Sekira jam 04.08 melintas gerbang tol Cikarang utama karena kepadatan pagi ini driver keluar tol Cibitung untuk menyusuri jalanan Kalimalang,disini armada Sinar Jaya ini nggak masuk pool Cibitung menghemat waktu tempuh juga.

Setelah sedikit berkutat dengan kemacetan akhirnya jam 05.40 finish di tujuan akhir terminal Pulogebang,waktu tempuh yang cukup memuaskan melihat macetnya tol Japek dinihari tadi.

+Driver ramah,kencang
+Armada bersih,ada tempat sampah
-No snack,No selimut,no footrest,no legrest
Tiket 250K tercetak di struk 225K

Saran : Walaupun armada tambahan sebaiknya fasilitas disamakan dengan armada reguler terlebih ini trayek rintisan yang cukup mulai banyak yang memilih armada tersebut sebagai moda transportasi Surabaya ke Jakarta maupun sebaliknya dan harga sesuaikan dengan apa yg tercetak di struk.

Sempat mendapat penjelasan perbedaan harga struk dengan yang dibayarkan tp karena kondisi sangat rame dan berisik depan agen jadi kurang jelas apa yg dikatakan oleh agen terkait struk dan jumlah yang dibayarkan.

Rute 2 Raya Jatijajar – Solo :

Perjalanan bersama bus Raya kali ini dimulai dari terminal Jatijajar Solo dengan armada Junior 3 start dari terminal ini sekira jam 16.30 menyisakan 1 seat saja.

Akhir pekan lumayan terjadi kemacetan saat memasuki tol,karena semalam telah perjalanan panjang akhirnya cepat terlelap dengan buaian tempat duduk ex pesawatnya PO Raya ini.

Nggak butuh waktu lama untuk terlelap dalam ayunan armada mercy lawas ini seperti tidur dalam kamar sendiri.

Sekira jam 20.15 memasuki RM Markoni untuk service makan,cuma mengambil teh hangat menyegarkan tenggorokan karena udah malam nggak mau kena karbo lagi jadi absen makan malam di rest area ini.

Lepas dari RM Markoni sekira jam 20.45 driver 2 lebih smooth dari yang pertama memasuki tol kembali tanpa perlu waktu lama sudah mulai terbuai bangku Raya yang terkenal jahat untuk bobo maniaaa.

Ketiga kali naik Raya nggak banyak yang bisa diceritakan selain smooth dan bobo mania dengan kursi jahatnya armada ini.

Terbangun melintas kartosuro 03.30 menurunkan penumopang dan melanjutkan perjalanan kembali menuju terminal Tirtonadi Solo dan finish jam 03.45.

Waktu tempuh yang lumayan diakhir pekan dan kemacetan tol Japek yang lumayan menyita waktu perjalanan selama ini bila weekend tiba.

  • driver ramah,smooth.
  • selimut wangi
  • perlu peremajaan armada seperti junior 4.

Tiket Junior 175K No Snack.

Saran : Junior 3 sudah seharusnya dilakukan peremajaan armada seperti Junior 4.

Rute 3 bersama Harapan Jaya Pagi Solo Jakarta :

Perjalanan bersama Harapan Jaya angkatan pagi bus 51 ini dimulai sekira jam 09.55 dari agen Solo untuk menempuh perjalanan lebih dari tek tok menuju Jakarta kembali.

Menaiki armada langsung disambut senyum mengembang oleh pak driver dan menawari seat di depan karena ada cancelan,ini rejeki kan sebagai perjalanan dadakan.

Menaikan 4 penumpang kembali di agen Kartosuro total 12 penumpang perjalanan hari ini menuju kota Batavia melintasi Tol Trans Jawa.

Perjalanan tol Trans Jawa menyuguhi pemandangan sawah sawah nan hijau bisa dinikmati saat perjalanan siang hari dengan alunan lagu Ebiet G Ade yang diputar oleh crew selama perjalanan.

Memasuki RM Sari Rasa sekira jam 11.50 untuk Ishoma istirahat sholat makan di rumah makan ini,dengan waktu segitu sudah dirasa cukup tanpa perlu takut tergesa gesa.

Sekira jam 12.53 lepas meninggalkan RM Sari Rasa terlihat armada Sinar Jaya tol Trans Jawa dari Bungurasih memasuki RM Sari Rasa wuihh cepatt juga sdh masuk RM Sari Rasa jam segini.

Pergantian driver setelah istirahat terlihat sekali kecepatan khas Harapan Jaya bahkan cenderung pelan walaupun di tol,dalam hati sudah cemas karena takut efek kemacetan di tol Japek nanti.

Pembagian snack dilakukan setelah istirahat makan,yang berisi roti,makaroni dan sebuah aqua gelas untuk para penumpang.

Melintas gerbang tol Palimanan saat waktu menunjukan diangka 15.45 cukup ramai volume kendaraan kali sore ini yang mengarah ke Jakarta.

Memasuki tol Japek mulai terlihat ketersendatannya dan sudah mulai ganti driver kembali memasuki tol Japek,driver kali sedikit cekatan meliuk liuk menghadapi kepadatan tol Japek.

Setelah berjibaku dengan ketersendatan tol Japek akhirnya pada jam 19.45 finish di tempat turun Pasar Rebo,armada tersebut langsung menuju terminal Pulogebang.

Waktu tempuh yang cukup lumayan sebenarnya,andai nggak terlalu pelan saat pergantian driver setelah dari RM Sari Rasa tadi bisa finis di bawah jam tersebut.

  • Armada bersih,ada tempat sampah,toilet sering dicek
    +Crew ramah
  • Ada musik selama perjalanan walau tanpa visual
    +Waktu ishoma cukup
    -Terlalu pelan saat pergantian driver kedua untuk kecepatan di dalam tol

Saran : Karena via tol Trans Jawa ingin mempersingkat waktu tempuh,sebaiknya jangan terlalu pelan saat di tol seperti saat disetiri oleh driver kedua tersebut.

Demikian traveling dari Surabaya Jakarta Solo dan kembali ke Jakarta via tol Trans Jawa menggunakan armada Sinar Jaya,Raya dan Harapan Jaya.

Semoga ada sedikit referensi bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan setelah membaca traveling tol Trans Jawa ini dengan beberapa armada bus tersebut.

Salam onbus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *